Thursday, December 12, 2013

[Hari 8] Mekanisme Teknis Proses Administrasi dan Pencairan Keuangan Beasiswa Pendidikan Indonesia

Sesi ini diisi oleh orang-orang kunci yang akan menangani seluruh keuangan kita ke depan.

  1. Ratna Prabandari –Kepala divisi evaluasi penyelenggara dana lpdp-
  2. Lukmanul Hakim – Kepala divisi anggaran dan akuntasi lpdp-
  3. Fendi Birowo –Junior evaluator-

Sambil menunggu Pak Lukmanul Hakim, Ibu Ratna melontarkan beberapa pertanyaan kepada seluruh peserta:

1. Siapa anda? 
Merupakan pertanyaan untuk menggali jawaban deskriptif dan cita-cita dari setiap orang.   
2. Ngapain anda di sini? Merupakan sebuah pertanyaan untuk menyadarkan kita, bahwa semua tujuan butuh proses, dan transformasi tidaklah mudah
3.   Jika meninggal kelak ingin dikenal sebagai apa?
Seringkali orang sibuk berproses, saat kita meninggal, orang akan melihat jejak pencapain yang kita buat. Kita harus berpikir apa yang sudah dilakukan dan apa yang ingin dilakukan.
4.   Harapan dari LPDP?

Setelah beberapa menit, Pak Lukmanul Hakim pun datang untuk memulai sesi utama.

Hak maksimal masa studi beasiswa lpdp:

  • Maksimal 24 bulan untuk program magister
  • Maksimal 48 bulan untuk program doctoral
Komponen biaya yang ditanggung:
1. Biaya pendidikan

a.       Pendaftaran

Dengan mengirimkan bukti pembayaran atau transfer langsung ke universitas

b.      Tuition fee

Dengan mengirimkan bukti pembayaran atau transfer langsung ke universitas

c.       Tunjangan buku

1000 USD, untuk dalam dan luar negeri/ tahun. Besar harapan uang ini amanah untuk menjadi buku, meskipun uang bulanan mepet

d.      Penelitian dan ujian tesis/ disertasi

Dibayarkan 1 x selama masa studi dnegan pengajuan RAB yang disetujui oleh supervisor didukung oleh proposal yang telah diuji. Biaya biaya yang ditanggung hanya bahan habis pakai, transportasi, dan dimungkinkan data set. Honor, alat dan akomodasi tidak bisa ditanggung.

e.      Dana wisuda

Dengan mengirimkan bukti pembayaran.
2.       Biaya non pendidikan

a.       Transportasi

Perjalanan pulang pergi 1x (dari bandara ke bandara) kelas ekonomi dan disarankan garuda. Lpdp juga telah menyediakan travel agent jika diperlukan.

b.      Asuransi kesehatan

Disarankan melalui mekanisme yang ada di universitas. Kalau hendak membeli secara personal sebaiknya konsultasi dulu. Jika membeli nya bersama dengan keluarga, yang diganti hanya 1 orang, oleh karena itu lpdp meminta informasi jika asuransi tersebut hanya untuk 1 orang.

c.       Aplikasi visa

Biaya yang ditanggung hanya untuk aplikasi visa, tidak termasuk biaya pemenuhan persyaratan visa seperti kesehatan, dll. Pengurusan visa hanya bisa diberikan 1x, sehingga tidak termasuk biaya perpanjangan jika diperlukan.

d.      Tunjangan hidup bulanan

Digunakan standar DIKTI saat ini, dan aka nada penyesuaian tahun depan (2014). Diberikan di awal untuk 3 bulan ke depan. Untuk awal, diberikan dengan bukti sampai di daerah tujuan, untuk kedua dan seterusnya dengan memberikan raport akademik/ raport pendidikan/ surat pernyataan.

e.      Biaya kedatangan

2x tunjangan hidup yang diberikan ketika kita mengirimkan proses pengurusan visa dan ketika tiba di daerah tujuan dengan menunjukkan visa yang telah dicap, boarding pass dan tiket.
3.       Biaya lainnya

a.       Seminar internasional

Diberikan maksimal 2x untuk program doctor dan 1x untuk program magister sebagai pembicara. Biaya yang ditanggung adalah transportasi, akomodasi 2 malam di hotel bintang 3. Bukti bukti yang diperlukan seperti tiket, hotel, boarding, pendaftaran, dll. Sangat disarankan untuk berkonsultasi dan mengajukan dulu ke lpdp sebelum berangkat, karena ada kemugnkinan untuk tidak disetujui.

Acara harus diselenggarakan oleh organisasi internasional dan kredibel. Bukti dari acara seminar internasional adalah dnegan menunjukkan asal pembicara dari 3 negara atau lebih yang berbeda; Keynote speech internasional; approval dari supervisor; paper yang akan dipresentasikan; link website

b.      Publikasi internasional

Biaya publikasi dapat diganti ketika sudah diterbitkan dengan standar jurnal yang telah ditentukan oleh lpdp.

c.       Keadaan darurat

d.      Tunjangan keluarga

Diberikan setelah 6 bulan masa studi, dengan maksimal 2 dependent. Setiap dependent diberikan 25% tambahan dari living allowance. Diperlukan bukti tiket, boarding pass, visa, buku nikah, KK. Untuk jaminan, bisa menggunakan LG khusus yang dimintakan kepada LPDP .

e.      Insentif perguruan tinggi

Diberikan kepada mahasiswa yang dapat masuk 20 besar universitas dunia berdasarkan ranking lpdp yang mengacu pada QS dan THE. Dana yang diberikan sebesar 5000 USD yang dibagi 2 tahap, 2500 USD di awal kuliah dan 2500 USD di akhir kuliah.


Dalam sesi ini dijelaskan secara singkat tahapan proses dari penerimaan beasiswa lpdp.


Dalam hal komunikasi, seluruh proses menggunakan email dengan scan invoice, dll dalam bentuk softcopy.


Setiap peserta diberi buku tabungan BRI. Untuk mengurangi permasalahan terkait kurs, diperkenankan buka rekening di luar negeri namun ada bank yang harus dihindari, seperti di UK, Bank Barkleys (karena sering ditolak); Japan, Japan post (tidak bisa menerima transfer dari luar negeri dalam 6 bulan pertama).


Untuk itu, setelah membuat tabungan di luar negeri, segera kirimkan scan buku tabungan/ screen shot jika tidak ada buku tabungan. Diingatkan dan perlu diperhatikan, account name yang diberikan bank harus sama persis.


Adapun di akhir acara, dijelaskan hak dan kewajiban LPDP dan mahasiswa dan kontak informasi lpdp. Sangat ditekankan untuk mahasiswa dapat aktif dalam kegiatan social di lingkungan kampus dan luar kampus.

No comments:

Post a Comment