Wednesday, December 4, 2013

[Hari 1] Materi Transformasi Generasi Muda Oleh M. Iftitah Sulaiman

Mayor Kavaleri, Muhammad Iftitah Sulaiman, yang saat ini bekerja di Sekretariat Kabinet RI, memberikan materi di sesi setelah makan siang pada hari I Program Kepemimpinan (PK) LPDP Batch 8. Bapak yang telah menyelesaikan misi di Libanon dan Aceh serta tugas ke 15 negara ini menjelaskan tentang Transformasi Generasi Muda.

Beliau menjelaskan bahwa transformasi adalah perubahan rupa (bentuk, sifat, fungsi, dsb), dengan penekanan pada: Integritas, Nasionalis, Mandiri, Cinta NKRI, dan Berwawasan Global.  Konsep yang dijelaskan pada materi ini dititikberatkan berdasarkan sudut pandang militer ini.

Hal yang perlu dicatat adalah bahwa saat ini terjadi perubahan dalam perang,di mana sekarang perang lebih difokuskan untuk merebut heart and mind masyarakat (internasional). Untuk itu, diperlukan persiapan yang adalah 50% dari kemenangan. Setiap komponen bangsa juga harus melakukan sinergi, salah satunya dengan pembentukan forum komunikasi bersama. Terakhir, kutipan dari Bapak Iftitah yang harus selalu diingat adalah:
“Perang tidak dapat dimenangkan hanya dengan mengandalkan nasib baik”

No comments:

Post a Comment